Header Ads

Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak


Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak

Sebelum masuk dalam penjelasan, saya ingin berterimakasih dulu kepada sobat-sobat yang sudah berkunjung ke blog pertama saya (^o^). Postingan saya kali ini akan membahas tentang Metodologi pengembangan perangkat lunak. Postingan ini juga merupakan tugas kuliah saya, tepatnya tugas mata kuliah PSPL (Pengembangan Sistem Perangkat Lunak), tapi selain itu saya berharap postingan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman.
Apasih itu metodologi pengembangan perangkat lunak ?
            Metodologi pengembangan perangkat lunak adalah suatu kerangka kerja yang digunakan untuk menstrukturkan, merencanakan, dan mengendalikan proses pengembangan suatu perangkat lunak melalui tahap-tahap tertentu.
Ada 5 tahapan dalam pengembangan sistem perangkat lunak, diantaranya yaitu:

1)      Komunikasi (communication)


Tahap komunikasi adalah tahapan pertama dalam pengembangan perangkat lunak, di tahap inilah terjadi wawancara diantara pengembang dan pelanggan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan. Tahap komunikasi dapat juga diartikan sebagai tahap pengumpulan informasi atau data secara fakta, sehingga bisa mendapatkan ide-ide tentang karakter dan spesifikasi dari perangkat lunak yang akan dibuat.

2)      Perencanaan (planning)

Setelah seluruh data dan informasi dikumpulkan maka tahap selanjutnya adalah tahap perencanaan. Tahap perencanaan adalah tahapan dimana kita akan memperkirakan sumber-sumber daya, anggaran, waktu pengerjaan, dan memperkirakan resiko yang mungkin terjadi dengan tujuan untuk meminimalisir kesalahan.

3)      Pemodelan (modeling)

Tahap pemodelan adalah tahap perancangan atau penggambaran design proyek dari perangkat lunak yang akan di buat. Pengembang harus mempunya presentasi grafis dari perangkat lunak yang akan dibuat, agar lebih terarah lagi bagaimana konsep dalam pembuatan perangkat lunak tersebut. Salah satu bahasa pemograman yang digunakan dalam pemodelan perangkat lunak adalah Unified Modeling Language (UML), UML adalah bahasa pemodelan yang digunakan untuk mempresentasikan gambaran dari model sistem perangkat lunak yang akan dibuat.

4)      Kontruksi (construction)

Tahap konstruksi adalah tahap dalam membuat atau membangun perangkat lunak berdasarkn konsep yang telah digambarkan dalam tahap pemodelan. Tahap ini biasanya dilakukan oleh seorang programmer. Pada tahap inilah dilakukan penulisan kode pemograman (coding) setelah itu kode pemograman tersebut diuji agar jika terjadi error maka dapat diketahui dan diperbaiki sampai tidak terjadi error lagi.

5)      Penerapan (deployment)

Tahap penerapan adalah tahap dimana perangkat lunak akan digunakan, diuji, dan di evaluasi. Pada tahap inilah dimana kita bisa menentukan apakah perangkat lunak yang sudah dibuat itu sudah sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau belum. Apabila perangkat lunak tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan pelanggan, maka perangkat lunak sudah siap untuk dipublikasikan.

Terdapat banyak metodologi dalam pengembangan perangkat lunak tapi semua metode tersebut membutuhkan tahapan yang sama dalam pelaksanaanya. Dan untuk model-model metode pengembangan perangkat lunak akan saya kerjakan di lain kesempatan.
Sekian pembahasan saya tentang metodologi pengembangan perangkat lunak, trimakasih sudah membca dan bila ada salah-salah kata, mohon dimaafkan terimakasih GOD BLESS YOU ALL.

#IFN204B #PSPL #Tugas

https://www.unsrat.ac.id


8 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.